Senin, 05 Desember 2011

CARA MEMBUAT CATU DAYA

            Catu Daya yang lebih dikenal dengan nama Adaptor di masyarakat merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai sumber tegangan DC (Direct Current) atau arus searah untuk berbagai macam alat - alat elektronik.
Dipasaran harga Catu Daya ini cukup mahal, sedangkan harga untuk setiap komponen penyusunnya tidaklah terlalu mahal. Karena hal tersebutlah penulis ingin berbagi cara membuat catu daya sederhana ini. Pada kesempatan ini akan diberikan contoh membuat catu daya yang memiliki keluaran 12V.
        Adapun komponen dasar yang diperlukan untuk membuat catu daya ini adalah sebagai berikut:
1.            Papan PCB berlobang.
2.            Travo 1 Ampere tanpa CT(Center Tap)
3.            Dioda 1 Ampere (atau jika ada gunakan dioda Brige)
4.            Capasitor Polar 10uF/16V (2 buah)
5.            IC regulator 7812
6.            Resistor 1k ohm
7.            LED warna merah
8.            Sekring 1 Ampere + soket
9.            Kabel AC
10.          Jepit buaya hitam dan merah
Selain Komponen Utama diatas diperlukan alat tambahan antara lain
1.            Solder
2.            Timah
Setelah komponen tersebut ada, kita akan mulai merangkai rangkaian Catu Daya tersebut. Kemudian akan diperlukan gambar susunan rangkaian Catu Daya ini. Berikut adalah gambar susunan rangkaian Catu Daya ini.


Gambar1. Rangkaian Catu Daya

         Setelah memperoleh gambar rangkaian ini rangkailah komponen sesuai dengan rangkaian diatas. Dalam merangkai rangkaian ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 
         Pertama dalam memasang dioda (gunakan dioda brige 1 Ampere) dioda ini memiliki 4 buah kaki yang berisi simbul +, -, dan 2 buah simbol ~.1 kaki yang berisi gambar ~ dihubungkan dengan travo yang berisi angka 12V, dan kaki yang bergambar ~ yang lainnya dihubungkan dengan travo yang berisi tanda 0.
Kemudian kaki dioda yang bergambar + dihubungkan dengan kaki + capasitor, dan kaki dioda yang berisi gambar -, dihubungkan dengan kaki - kapasitor.
         Kemudian kaki + capasitor dihubungkan dengan kaki input dari IC 7812 (IC ini berisi 3 kaki, untuk lebih jelasnya lihat data Sheet yang disediakan di akhir pembahasan ini), dan kaki - kapasitor dihubungkan dengan kaki Ground/- dari IC 7812.
         Setelah itu kaki ke tiga dari IC 7812 yang merupakan kaki keuaran yang harus di hubungkan dengan kaki + kapasitor yang ke 2, dan Ground dari IC 7812 dihubungkan dengan kaki - dari kapasitor ke 2.
         Setelah itu pada kaki + kapasitor ke  dipasangkan ke salah satu kaki resistor 1k ohm dan kaki yang satunga dari  resisitor ini dihubungkan pada kaki + dari LED, kemudian kaki - dari LED di hubungkan pada kaki - kapasitor ke 2.
         Kemudian pada kaki + pada kapasitor ke 2 dipasangkan kabel yang berisi jepit buaya warna merah, dan pada kaki - kapasitor ke 2 dipasangkan kaber yang berisi jepit buaya warna hitam.
         Dan yang terakhir adalah memasang kaber AC yang sudah berisi sekring pada travo. Cara pemasangannya sangat mudah yaitu memasangkan salah satu bagian kabel AC ke travo yang berisi tanda 220V dan bagian lain dari kabel AC dipasangkan pada travo yang bertandakan 0 di sebelah tanda 220V.

        Berikut akan diberikan gambar komponennya dan data sheet dari IC 7812
SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar